-->

APAKAH NASIB BISA DIRUBAH..??

Apakah nasib itu bisa di rubah..??apakah takdir itu bisa di rubah..??pertanyaan-pertanyaan mengenai itu..sudah tidak asing lagi..terdengar di telinga kita..namun tetap saja..hal itu menarik untuk di bahas..disini aku tidak akan..membahas tentang ilmu itu..aku hanya akan menceritakan..satu cerita..perdebatan teman ku dengan teman ku..mengenai takdir..dan aku sebagai pendengar saja..sebut saja si A dan si B..si A meyakini.. takdir itu tidak bisa di rubah..dan si B menganggap takdir itu bisa di rubah..
A:hidup itu sudah di tentukan..arti nya sudah di takdir kan..kita tidak akan mungkin bisa..merubah takdir..
B:menurut saya takdir itu..bisa di rubah..karena kalau tidak bisa di rubah..untuk apa ada nya hidup..?untuk apa ada nya agama..?apa tuhan itu hanya iseng saja..?atau hanya mainan saja..?untuk apa manusia di beri akal..?apa hanya pajangan saja..?dan untuk apa Allah menyuruh kita berusaha..kalau hidup sudah di takdirkan..??
A:hidup memang wajib berusaha..?tapi tidak sedikit pun bisa merubah takdir..?
B:lalu untuk apa usaha kita..jika memang semua sudah ditakdir kan..?
A:kalau usaha itu.. adalah tugas kita..sebagai seorang hamba..
B:kalau semua sudah di takdir kan..untuk apa kita mempelajari ilmu..
A:bisa belajar nya saja itu juga sudah takdir..karena jangan menganggap.. kamu bisa belajar itu..karena kamu bisa atau karena kamu mampu..tapi itu karena takdir kamu..yang diberikan Allah kepada mu..(si B kebingungan)
B:kalau memang kamu meyakini..hidup ini sudah di takdir kan..berarti kamu meyakini..bahwa yang masuk sorga..dan yang masuk neraka itu..sudah di tentukan..?
A:Betul..
B:lalu untuk apa ada nya rasul..
A:untuk memberi peringatan dan membawa kabar gembira..
B:untuk apa..??kata nya semua sudah di tentukan..yang masuk sorga dan neraka itu juga sudah ditentukan..
A:kita manusia..yang tidak tau masa depan..apalagi nanti di akhirat..ibadah itu tugas..dan sorga itu hadiah dari tuhan..dan neraka itu bagi yang membangkang..(aku tetap diam tidak komentar..dan tetap membiarkan teman ku berdebat..sekalian ingin tahu siapa yang akan menang)
B:aneh..aneh..sungguh aneh..saya tidak memahami nya..
(si B terdiam..dan kebingungan)
A:tidak usah bingung..jalani saja hidup ini..
B:saya tetap bingung..(melihat teman ku si B kebingungan..dan sangat penasaran..ingin mendapat jawaban..aku jadi terusik..dan angkat bicara.."kalau menurut ku.. jika takdir itu..adalah nasib..maka bisa dirubah..(teman ku si A berbalik ke arah ku..)sambil berkata..''tidak bisa..takdir tidak bisa dirubah..aku berkata lagi.."kalau takdir yang di maksud adalah nasib..menurutku bisa dirubah..si A kembali berkata.."tidak bisa..takdir tidak bisa dirubah..(aku terdiam..dan membiarkan suasana hening..dan saat itu..kami berkumpul di teras rumah..)sampai lama kami sama-sama terdiam..sampai satu ketika..temanku si A menepuk nyamuk..yang menggigit nya..nah..saat inilah yang aku tunggu-tunggu..dan aku pun langsung berseru.."naah sekarang kan sudah jelas jawabannya..!?si A melongo tidak mengerti maksud ucapan ku..dan si A bertanya.."maksud nya sudah jelas bagaimana..?aku pun menjelaskan maksud ku.."sekarang itu kan malam..dan kita berada diluar rumah..dan disini banyak nyamuk..pasti nya semua yang ada di sini..ditakdirkan akan digigit nyamuk..dan sekarang aku sudah membuktikan..bahwa aku sudah bisa merubah takdir..aku tidak akan digigit nyamuk..karena aku sudah memakai soffell(lotion anti nyamuk)jadi menurut ku takdir yang mutlak.. tidak bisa dirubah adalah..kita lahir laki-laki atau perempuan..kita dilahirkan dari si kaya atau si miskin..kita akan mati..kita dilahirkan dari ibu anu bukan dari ibu anu..yang jelas ada sebagian tidak bisa dirubah tapi ada sebagian yang lain bisa dirubah..(kami pun bubar)aku mohon jangan memperdebatkan masalah takdir..tidak akan ketemu ujung..sama kuat nya..dan kalau pun mau memikirkan..fikirkanlah sendiri..karena Allah suka kepada hamba nya yang mau menghindari perdebatan walaupun dia itu benar..aku sampaikan cerita ini hanya buat..menghibur saja..kalau ada manfaat nya ya alhamdulillah..sudah..sudah dulu ah..

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel