-->

HIDUP ITU MUDAH

Di dalam hidup itu..bahagia atau tidak nya diri kita..adalah tergantung bagaimana kita menerima nya..jika kita menganggap hidup ini mudah..maka akan terasa mudah..jika kita menganggap hidup ini bahagia..maka akan terasa bahagia..dengan menganggap hidup ini mudah..masalah rumit jadi mudah..masalah besar jadi kecil..dan masalah kecil jadi serasa tidak ada masalah..menjalani hidup dengan penuh semangat dan harapan..akan menjadikan hidup terasa indah..nikmati apa yang kita miliki..berbahagialah dengan apa yang ada pada diri kita..jika kita bisa berbuat seperti itu..maka rejeki akan bertambah..kenikmatan akan bertambah..karena barang siapa bersyukur maka akan ditambah kenikmatannya..dan sebalik nya jika tidak bersyukur akan di azab oleh Allah..
Pernah satu kali waktu..aku di undang..untuk menghadiri acara pernikahan..seorang temanku dijakarta..aku berangkat bersama keluarga..aku tiba-tiba lupa atau salah perhitungan..aku berangkat kejakarta hanya membawa uang 600 ribu..dan ketika sampai pom bensin..supir ku bertanya.."bapak ahmad isi berapa bensin nya..aku menjawab.."isi saja sepenuh nya..lalu sesudah penuh aku bertanya.."berapa..?supir ku menjawab.."255 ribu..aku pun membayar nya..aku belum sadar..bahwa uangku tersisa 300 ribu..karena tadi di pom aku beli minuman dan rokok buat supir dan keluarga..belum sampai di jakarta..di tengah perjalanan ban mobilku bocor..dan aku mobilku minggir maksudnya di genti ban cadangan..tapi ketika dicek ternyata ban cadangan itu kempes juga..akhir nya aku mencari bengkel..dan karena bengkelnya cukup jauh..ketika dibuka ban dalam nya rusak dan mesti diganti..kata nya harga nya 125 ribu..dan di tambah ban cadangan juga rusak..entah waktu dipakai siapa ban cadang itu rusak(mobil ku sering dirental orang)dan aku kadang lupa memeriksa nya..dan ahir nya genti ban dalam juga..jadi ban dalam dua itu 250 ribu..padahal kalau beli ditoko cuma 75 ribu..mungkin sudah tradisi..kalau dipinggir jalan itu apa saja mahal..setelah semua beres..aku kaget..dan aku baru menyadari..kalau uang ku tinggal 50 ribu..di dalam perjalanan aku diam..dan terus berfikir..dan mungkin memang lagi diuji..di jalan macet..perjalanan yang biasa nya dari cirebon ke jakarta paling lambat 5 jam..tapi ini sudah 6 jam baru sampai di cikampek..istri dan anak-anak..mengajak makan..sedangkan uang sisa cuma 50 ribu..dan itu pun buat bayar tol..aku tiba-tiba ingat..ada saldo di rekeningku sisa 105 ribu..aku menyuruh supir mencari ATM..setelah ketemu aku ke ATM..tapi dasar sedang di uji..ketika aku mengambil uang 100 ribu..mesin ATM keluar tulisan..saldo anda tidak cukup..aduh kenapa..?ternyata kena pajak bulanan..karena ketika aku cek saldo nya cuma ada 95 ribu..aku coba ambil 50 ribu..juga tidak bisa..karena nominal terkecil 100 ribu..aku keluar dari atm..dan menenangkan fikiran..dan berdoa..dan berkata dalam hati..pasti ada jalan keluar..pasti ada jalan keluar..dan aku menengok ke sebelah kiri..ada alfa mart dan terlihat bisa pakai debit Bca..aku langsung masuk..dan belanja roti tawar,susu dan minuman..habis 87 ribu..ke bapak supir aku mengatakan..bahwa kita ganjal perut dulu..nanti makan nya dijakarta saja..dan aku pun meneruskan perjalanan..dan merasa sangat gelisah dan bingung..tapi tiba-tiba dalam hati..ada pencerahan..hai ahmad..nikmatilah perjalananmu..ini adalah ujian mu..terserah kamu..kamu terima dengan senyuman atau dengan kemarahan..jika dengan senyuman..maka kamu lulus..setelah tertanam itu dihati..rasa khawatir ku hilang..setahap demi tahap aku lewati dengan senyuman..sesampai dirumah yang hajat..rencana nya aku mau langsung pulang..tapi ternyata disana telah terjadi keributan..ada ancaman dari bapak mantan pacar mempelai pria..dia akan menyerang secara lahir maupun batin..dengan niat menggagalkan acara pernikahan itu..dan pihak keluarga mempelai itu ketakutan..dan memintaku untuk tidak pulang sekarang..dan menjaga dari hal-hal serangan ghaib nya..aku pun tidak jadi pulang..sampai malam..dan tidak disangka aku bertemu..dengan seorang yang pernah minta tolong untuk didoakan menjadi pejabat kota..setelah lama kami berbicara..dia pamitan pulang..tidak disangka dia memasukan amplop ke saku baju ku..dan alhamdulillah acara pernikahan itu berjalan lancar..tidak terjadi apa yang diancam kan itu..aku pun pulang..dan ketikan aku bukan 4 amplop..1.dari teman yang pernah minta didoakan ada 2 juta..dari pengantin pria 500 ribu..dari bapak nya 500 ribu..dari pak haji 500 ribu..jadi jumlah nya 3,5 juta..aku bersyukur..ternyata memang rejeki itu datangnya sulit diduga..dan benar melewati ujian dengan senyuman itu..membuahkan kebahagiaan..terimakasih ya Allah..alhamdulillah ya Allah..sudah dulu ah..

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel