-->

TIDAK PUNYA UANG

Ada yang bertanya..cara mengobati stres..karena tidak punya uang..
Sebenarnya uang itu bukan kebutuhan..tapi kebutuhan itu yang memerlukan uang..KENAPA..!!pernah aku pergi ke gunung jati paranje..aku membawa bekal kopi dan rokok..dan juga membawa uang..tapi tidak membawa bekal makanan..setelah jam sebelas siang..perutku mulai terasa lapar..dan jam 12 nya rasa lapar itu sudah tidak bisa ditahan..perutku mulai terasa sakit..kakiku mulai lemas..aku pun berteduh dibawah pohon..sambil duduk..pikiran ku melayang..sambil bertanya dalam hati..kenapa aku kelaparan seperti ini..?padahal aku punya uang..?aku jadi berfikir..diatas bukit ini..uang tidak berharga..untuk apa uang ini..??ternyata uang tidak berharga..ditempat yang jauh dari pedagang..fikiranku terus berputar..sambil mengingat-ngingat doa ku..yang selalu meminta uang..padahal setelah aku berada ditempat seperti ini..uang itu jadi tidak berharga..(ini masih didunia)bagaimana nanti diakhirat..??aku jadi mulai mengerti..sebenarnya kita tidak butuh uang..tapi kebutuhan yang membutuhkan uang..sedangkan ketika sedang kelaparan seperti ini..hanya makanan yang dibutuhkan..lalu siapa yang menciptakan kebutuhan yang besar..KEINGINAN..!!Dengan ada nya keinginan..maka kita membutuhkan uang yang besar..karena jika kita hanya mencukupi kebutuhan hidup ..maka hanyalah makan..dan masalah makan jika kita mau ringan tangan atau tidak malas..maka tidak akan sulit..sementara dari sisi agama..mengemis dibolehkan jika hanya untuk sekedar makan..bahkan bangkai yang diharamkan bisa jadi halal karena sebab kelaparan..lalu bagaimana jika sekarang kita tidak punya uang..??stres..?pusing..??lalu kenapa kita butuh uang..?untuk apa..?untuk mencapai keinginan yang belum tercapai..kenapa punya keinginan..?karena ingin memiliki..sesuatu yang orang lain sudah punya..jadi bukan uang kan yang kita inginkan..tapi keinginan yang membutuhkan uang..jadi menurutku..jika kita stres karena tidak punya uang..telitilah keinginan kita..lalu ajari hati dan fikiran kita..dengan harapan dan kesabaran..dan ajari tentang rasa syukur..yaitu menerima dan merasa senang dengan apa-apa yang sudah dimiliki..lalu nikmatilah itu..jangan-jangan karena keinginan kita yang belum tercapai..malah jadi lupa untuk menikmati apa yang sudah kita miliki..jadikan keinginan itu agar hidup lebih semangat..jangan sampai karena keinginan itu malah menjadikan kita merasa susah..
Bapak ahmad..kalau butuh uang itu untuk bayar hutang bagaimana..??bukankah hutang itu harus dibayar..?apalagi kalau yang nagih nya pakai debt kolektor(jasa penagih hutang yang galak-galak orang nya)hayo mau bagaima..?disini mungkin jawaban nya agak extrim..hutang itu untuk apa..apakah untuk mempertahankan barang kreditan..atau karena memakai kartu kredit yang melampaui batas kemampuan..??jika hanya karena untuk barang..sabar..karena awal nya sudah salah..kita sudah memiliki sesuatu yang sebenarnya belum waktu nya kita punya..jika tidak bisa bersabar..kembalikan barangnya..toh asalnya juga kita tidak punya itu..TIDAK BISA!!AKU TETAP INGIN MEMPERTAHANKANNYA.!!Kalau memang seperti itu..sabar..sabar..hadapi dengan tenang..pasti ada jalan keluar..(aku tersadar dari lamunanku..karena perut merasa sakit karena lapar)aku tengok kekanan dan kekiri..aku melihat ada ubi bekas petani panen..aku mencoba mencari sisa-sisa yang tertinggal..dan aku dapatkan beberapa butir..dan aku langsung memakannya..dan perutku mulai terasa enak dan tenagaku mulai pulih..aku pun langsung pulang..sambil berucap pelan.."uang itu jangankan dibawa ke akhirat..dibawa ke gunung saja sudah tidak bisa menolong..!?sejak kejadian itu..ketika aku berangkat kesana selalu membawa makanan..dan kembali ke masalah stres karena uang..ada seorang tua tetanggaku..yang kalau ditanya jawabannya asal nyeplos..ketika ada yang bertanya..kakek bagaimana agar saya punya uang..?secara tegas dan lugas dia menjawab..USAHA AAAA!!itu jawaban kakek tetanggaku..sudah dulu ah..semoga manfaat

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel