-->

CARA MENGHILANGKAN GROGI SAAT TAMPIL DI DEPAN ORANG BANYAK

Biasanya jika kita baru..tampil dimuka umum..kadang emosi kita tidak terkendali..biasanya disebut grogi atau hilang kendali..badan gemetar..nafas seakan sesak..dan lupa akan segala yang kita ketahui..hal ini sebenarnya umum terjadi..tapi kita yang mengalami..hal semacam itu..ada rasa malu..sementara orang yang melihat..akan merasa tidak nyaman..bahkan tidak suka..yang lebih parah lagi..kadang sampai menghina..
Disini aku berbagi pengalaman:disuatu waktu..aku diundang kejakarta..aku tidak tau..bahwa undangan tersebut..untuk menghadiri satu majlis zikir..yang aku tahu..aku di undang untuk sekedar silaturohim saja..aku tiba dijakarta sore..dan setelah istirahat..aku ngobrol dengan tuan rumah..dan dia tidak mengatakan apa-apa..
Dan malam nya..sekitar setengah delapan..aku heran..?banyak orang yang datang..dan pergi ke lantai atas..yang cukup luas..mereka menyalami ku..dan setelah semua berkumpul..aku dipersilahkan tuan rumah..untuk duduk didepan..aku kaget..ada apa sebenar nya..diaula tersebut penuh dengan jemaah laki-laki dan perempuan..
Dan tiba lah saat acara dibuka panitia..dan aku kembali kaget..karena acara utama nya adalah..ceramah atau siraman rohani..dan yang ceramah nya aku..aku gelisah..karena aku belum pernah sekalipun..ceramah atau pun berdawah..acara pertama membaca ayat suci alquran..dalam kesempatan itu..aku memejamkan mata..sambil berdoa..ya Allah tolonglah aku..berikan kekuatan kepadaku..aku menarik nafas dalam-dalam..dan berusaha menenangkan hati dan fikiran..aku tanamkan dalam hati..bahwa semua yang hadir adalah saudara ku..dan juga teman ku..mereka adalah saudara dari nabi adam..hatiku mulai tenang..dan aku mohon petunjuk kepada Allah..dan aku mendapat ilham..
Untuk mengirimkan fatihah:demi kemuliaan nabi daud as dengan keindahan suaranya..semoga Allah membaguskan suaraku seperti nabi daud as alfatihah(aku baca fatihah 1x)demi kehebatan nabi musa yang mampu mengalahkan raja firaun..semoga kehebatannya sampai kepadaku alfatihah(aku membaca fatihah 1x)demi keindahan wajah nabi yusup..semoga keindahannya sampai kepadaku alfatihah(aku baca lagi surat alfatihah 1x)
sampailah acara itu..kepada giliranku..karena aku memang belum pernah ceramah sebelumnya(kalau yang konsultasi pribadi sudah berbagai macam orang)maka setelah aku ucapkan salam..lalu aku berkata.."mohon maaf kepada semua yang hadir..saya tidak biasa ceramah maupun berda'wah..jadi saya tidak biasa merangkai kata-kata..dan tidak punya konsep berda'wah..tapi saya punya prisip bahwa..ibarat air ketika dituangkan..maka memerlukan wadah yang terbuka..jika wadahnya tertutup..maka air itu akan tumpah..dan sia-sia..jadi saya tidak mau apa yang dikatakan disini..sesuatu yang tidak diharapkan..maka saya persilahkan kepada yang hadir semua..untuk bertanya..dan pertanyaannya boleh apapun..dari yang mungkin sampai yang tidak mungkin..dari yang masuk akal sampai yang tidak masuk akal..masalah mimpi dan masalah bangun..masalah yang layak ditanyakan sampai yang tidak layak ditanyakan..silahkan bertanya..ingsyaAllah akan saya jawab semampu saya..dan yang hadir..mengacungkan tangan semua..sehingga aku bingung..dan pembawa acara pun berkata.."karena banyak nya yang ingin bertanya..maka saya akan menunjuk salah satu..untuk bertanya..jadi bergiliran..dan satu persatu pertanyaan aku jawab..tanpa terasa 1 jam sudah aku menjawab pertanyaan yang hadir..dan aku pun bertanya kepada panitia.."kalau tidak salah saya tadi diberikan kesempatan waktu 1 jam..dan sekarang sudah 1 jam..?tapi yang hadir memintaku untuk memperpanjang waktu..karena masih banyak yang ingin bertanya..dan akupun meneruskan tanya jawab itu..setelah 2 jam..aku kembali bertanya.."ini sudah 2 jam..??tapi yang hadir kembali memintaku..untuk memperpanjang waktu..dan akupun meneruskan tanya jawab itu..dan kebanyakan yang mereka tanyakan adalah..masalah mimpi..jodoh..rijki..dan doa..masalah tersebut yang paling banyak ditanyakan..dan alhamdulillah..aku bisa menjawabnya..dan waktu pun berlalu sampai 3 jam..akupun mengingatkan kepada panitia..bahwa sudah 3 jam..yang hadir tetap minta tambahan waktu..aku tersenyum..sambil menjawab..kita bagi-bagi waktu..waktu bersama sesama manusia sudah..sekarang waktu nya bersama Allah..atau mendekatkan diri kepada Allah..dan merekapun memahami alasanku..dan acara itupun diakhiri..dan karena belum semuanya..mendapat kesempatan bertanya..aku diminta agar dilain waktu mau hadir kembali..
Itulah pengalaman ku..dan setelah itu..setiap diperlukan..tatacara diatas aku lakukan lagi..dan alhamdulillah hati jadi tenang..dan enjoy dan asik..sudah dulu ah..semoga manfaat..

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel