-->

MAKAN SATE DI BAYANGAN DI DENDA

Sate..sate..tukang sate..lewat didepan rumah..seorang miskin..yang sedang melamun..karena mau makan..tidak ada temanya maksudnya lauknya..
Dia sedang berpikir..makan harus sama apa..jangankan ikan..garam saja tidak punya..
Sate..sate..suara tukang sate terdengar nyaring..
Abaang sate..kesini..!
tetangga si miskin..memanggil tukang sate itu..
Bang beli sate nya..kata si tetangga itu..tukang sate pun..membakar sate nya..harum bau sate..sampai ke rumah si miskin..si miskin membayangkan makan sate itu..karena lapar..dia merasa kenikmatan..si miskin mengambil nasi..yang dari tadi tidak ada lauknya..dia punya ide..sepertinya jika makan sambil membayangkan makan sate..pasti nikmat'pikirnya'
dia mendekati tukang sate..yg sedang membakar satenya..lalu dia duduk..lalu dia makan satu suap nasi putih itu..lalu dihisap asap tukang sate itu..sambil mengunyah nasi..dia bayangkan makan sate..diapun merasakan nikmatnya makan sate..tiap satu suap..dia hirup asap sate itu..
Tukang sate..melongo keheranan..
Setelah habis sepiring nasi itu..si miskin mengucapkan terimakasih kepada tukang sate..
Katanya dia membayangkan memakan 100 tusuk sate..sangat nikmat sekali.."ujar si miskin")...
mendengar pengakuan itu..tukang sate langsung bicara"oh begitu ya..jadi anda telah makan 100 tusuk sate saya..sekarang anda harus membayar pada saya 250 ribu..
Sekarang si miskin yang balik kebingungan..dan dia berkata ke tukang sate"saya kan makan sate cuma dalam bayangan saya..masa harus bayar..
Tukang sate menjawab dengan nada tinggi.."pokoknya mau dimakan dibayangan keu..mau dimakan dihayalan keu..anda harus bayar..!!sudah makan ko tidak mau bayar..!?
Si miskin kembali berkata.."pak..boro-boro buat bayar..nasi saja cuma sepiring..nasi doang tidak ada lauknya..,
wait..hiat..tukang sate mengambil clurit(golok bengkok) sambil di acung-acungkan..dan dia berkata dengan nada mengancam.."kalau tidak mau bayar takk bunuh kau..
Si miskin ketakutan..tapi dia tidak berdaya..dia diam dan dalam hatinya sambil memohon pertolongan kepada tuhan.."wahai tuhanku..aku miskin dan engkau maha kaya..aku pasrah padamu..walau aku tidak mengerti..ujian ini..dikenyataan aku tidak punya apa-apa..aku menerimanya..tapi ujian ini terlalu berat..wahai tuhanku..karena aku merasa dikenyataan..aku miskin..aku makan nasi putih saja..dan aku coba membayangkan..makan sate..tapi malah jadi seperti ini..apa aku terlalu banyak makan sate nya..wahai tuhanku..100 tusuk..tadinya aku ingin sepuas-puasnya..makan sate..ternyata walau didalam khayalan..sesuatu yg berlebihan..engkau tidak suka..aku mohon ampun wahai tuhanku..dan tolonglah aku..tolonglah aku..
Si miskin meneteskan air mata..menyadari sifatnya yang berlebihan..
Dalam keadaan seperti itu..yang keduanya..tidak ada yg bisa memberi jalan keluar..tiba-tiba datang seorang kakek-kakek..sambil mendekat si kakek bertanya.."ada apa kalian ribut..
Tukang sate menceritakan kejadian itu..dan si kakek bertanya ke si miskin.."apa benar apa yg diceritakan itu..si miskin menjawab.."benar kek..memang kejadiannya seperti yg diceritakan itu..
Lalu si kakek mengeluarkan uang 250 ribu..
Lalu berkata.."hai tukang sate..apa kamu melihat uang ini..tukang sate menjawab"iya saya melihatnya..
Lalu si kakek kembali berkata.."coba kau pejamkan mata mu..dan bayangkan uang ini di berikan pada mu..nanti nya kamu dapat ganti uang yang kamu inginkan..
Lalu tukang sate memejamkan mata nya..setelah beberapa saat..tukang sate membuka mata nya sambil berkata"sudah kek..aku sudah bisa membayangkanya..sekarang kemarikan uang itu..
Si kakek menjawab.."kamu sudah mengambil hak mu..kamu ingin di bayar..sate kamu yang di makan dalam bayangan..dan sekarang..kamu pun sudah menerima uang yang kamu dendakan dalam bayanganmu juga..jadi perkara nya sudah beres..sudah lunas..
Si kakek memberikan uang itu ke si miskin..sementara tukang sate melongo kaya celengan rusak..???
Si miskin pun kembali ke rumah nya..dan dalam hati nya berkata.."TUHANKU ENGKAU MEMBERI REJEKI KEPADAKU SAMBIL BERCANDA..sungguh canda mu sangat indah..sudah ah
(cerita duplikat direkayasa)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel