-->

HIKMAH DARI PERJALANAN

Disuatu waktu..aku dalam keadaan gundah.. Karena aku merasa..doa ku belum dikabulkan.. Ada rasa..yang sulit..aku ungkapkan..aku merasa..lelah,marah dan masih banyak lagi hal yg semacam itu.. Didalam kegundahan itu..seakan ada perintah..agar aku pergi..ke situs jati paranje.. ada rasa harapan..dalam hatiku..apakah Allah..akan memberiku..rijki melalu tempat itu..? Dengan aku menemukan batu berharga..??ataukah apa..??.. Besoknya..pagi-pagi aku pergi..bersama teman-temanku..ke situs jati paranje..yaitu satu tempat..yang sering kali..orang menemukan batu fosil dan lainnya.. Sampai disana..aku berkeliling..menelusuri bukit jati paranje.. Namun sampai tengah hari..aku tidak mendapatkan sesuatu apapun..karena panas begitu terik..aku berteduh disatu gubuk..tempat petani berteduh.. Aku duduk..dan pikiranku..penuh tanda tanya..''apa sebenarnya..maksud dari perjalanan ini..apakah ilham itu..hanya khayalanku saja..??pertanyaan itu terus bergejolak didalam hatiku.. Tanpa sadar..mataku menatap..seorang petani..yang sedang mencangkul..dia begitu rajin..dan tidak peduli panasnya matahari.. Terlintas dalam pikiranku..apakah ini maksud tuhanku..menjawab pertanyaanku.. lalu apa artinya..? aku berkata dalam hati",Petani mencangkul..lalu menebar benih..lalu menanam padi..lalu menunggu tumbuh..sambil menjaganya..dan membersihkan rumput-rumputnya..agar padi tumbuh dengan baik..setelah padi menguning..menjaganya dari burung dan hama..setelah itu baru pada waktunya akan memanennya..dan merasakan buahnya usaha.. Aku baru sadar..bahwa semua ada tahapan prosesnya..dan ada waktu nya juga..memetik dari hasil usaha itu.. Aku berfikir..aku telah berdoa dan berzikir..mungkin itu artinya mencangkul..jenis bacaan dan doanya adalah benih yang ditanam..menghilangkan prasangka buruk kepada Allah..adalah ibarat mencabut rumput-rumput yg mengganggu tanamannya..membaca alfalaq dan annas ibarat obat anti hama..dan kesabaran..adalah menunggu waktu panennya.. sampai disitu aku tersadar..dan setelah shalat dzuhur aku pulang.. dan hati ku pun jadi tenang.. dan aku teruskan ..rutinitas shalat sunat,zikir dan doa.. Alhamdulillah..alhamdulillah..akhirnya doa dan keinginanku terkabulkan..semoga manfaat..

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel