-->

CERITA MENDAPATKAN KADAL EKOR CABANG

Malam jum'at..kami berlima..yaitu aku,pa sadili,pa jono,pa ujang dan pa yoyo.. Kami berangkat..menjelang maghrib..yaitu ke situs bukit jati paranje.. Sampai di bukit pertama..menjelang isa..kami beristirahat sebentar..di bukit pertama jati paranje..sambil istirahat..kami ngobrol..sambil bercanda.. Aku berkata,sambil tertawa.."kita berlima..berarti..!!...pandawa ada berapa..?? sambil tertawa,teman-temanku menjawab..",ada lima..!! aku bertanya lagi..",panca sila ada berapa..!!? teman-temanku menjawab sambil tertawa terkekeh-kekeh..",..ada lima..!! aku kembali bertanya..",apa lagi ya..?? salah seorang temanku berkata..",tiap tangan dan kaki,jarinya ada berapa..!!? sambil tertawa kami menjawab..",ada lima..!! sadili tiba-tiba ikut bertanya..",indra manusia ada berapa..!!? kami menjawab,dan semakin tertawa terbahak-bahak..",ada lima..!! kami terus tertawa..sambil apapun yg jumlahnya lima..kami tanya.. Aku merasa..seolah semua beban terasa hilang..ada perasaan bahagia..yg tidak bisa dilukiskan.. Setelah rasa lelah kami hilang..kami meneruskan perjalanan..tujuan kami..adalah bukit..paling tinggi..yaitu bukit panenjoan.. Setelah melewati..bukit terjal..dan semak belukar..kami pun sampai..di atas bukit panenjoan..yaitu bukit paling tinggi..dijati paranje..kami berniat bermalam disana.. Waktu tengah malam..kami berpencar..saling menyendiri..untuk berzikir..agar kami bisa khusuk.. Aku berzikir..di malam yang begitu hening..ada kesunyian yang begitu indah..aku terus berusaha khusu..dan berusaha memasrahkan jiwa dan raga..kepada sang pencipta..aku merasakan..kedamaian yang luar biasa..semua rasa penat hilang..semua rasa resah hilang..dan semua beban seolah hilang..aku hanya merasa..ada aku dan Allah..aku seolah ingin menangis..karena bahagia..aku merasa ..seolah aku melihat..semua anugrah..yang telah di berikan kepada ku..aku lupa bersyukur..? semakin lama..aku berzikir..semakin terasa..begitu nikmat..begitu damai..dan tenang.. setelah beberapa lama..aku seolah melihat..fenomena alam ghaib di sana..tapi tentang itu..biarkan saja di hati..?? Yang aku merasa heran..??ada suatu ke anehan disana..aku merasakan malam itu begitu panjang dan indah..dan menurut teman-temanku juga..katanya merasakan hal yang sama..yaitu merasa malam itu sangat panjang tapi indah.. Pagi hari nya..kami pergi..ke jati pancur..satu tempat..di ujung jati paranje..yang di sana itu..ada mata air yang besar..kami ingin..menikmati jernihnya air di sana.. Sampai di jati pancur..tiba-tiba pa yoyo berteriak..",woy ada kadal cabang..!! serentak kami pun mengepung..untuk menangkapnya..karena konon..ada manfaatnya..ada yang mengatakan..bisa buat judi..ada juga yg mengatakan buat kekayaan.. kami mengepung kadal cabang itu..tapi kami tidak ada yang berani menangkapnya..karena ada mitos..katanya kalau kadal gigit..sebelu ada suara halilintar..dia tidak mau lepas.. kecuali pa ujang..karena dia tidak tahu mitos itu..dialah yg berhasil menangkapnya.. Setelah tertangkap..ternyata kadal itu bunting..waktu itu kami belum tahu..bahwa kadal itu ada yang melahirkan juga..kami tahunya..kadal itu hanya bertelur..maka kami menganggap itu adalah kadal ajaib.. kami membawa pulang kadal itu.. wah kami tiada henti tertawa senang..bagaimana tidak..kadal cabang,beranak pula.. sampai di rumah..tetangga berdatangan ke rumah..ingin melihat kadal itu.. Menjelang maghrib..kadal itu melahirkan..sampai isa..anaknya ada 5 ekor..tapi anaknya ekornya tidak cabang.. kami berempat..sama-sama melihat kadal dan anak-anaknya itu.. sekitar jam sembilan malam..aku kaget..induk kadal itu tiba-tiba mau memakan anaknya..aku spontan menghalangi dengan tangan ku.. Setelah dihalangi agar induk nya tidak memakan anaknya itu..kami berempat rapat..karena pa yoyo rumah terlalu jauh..maka rapat itu hanya berempat..yaitu pa jono,pa ujang, pa dili dan aku sendiri.. Aku mulai bertanya,kepada pa ujang..karena pa ujang yang paling tua di antara kami.. aku bertanya.."pa ujang..menurut pa ujang,bagaimana..?mengenai anak kadal yang akan di makan induk nya itu..?? pa ujang menjawab.."kalau menurut saya..itu kan anak kadal..dan di makan sama induk nya kadal..ya biarkan saja,terserah kadal saja..??(sambil tertawa) Aku melanjutkan pertanyaan..kepada pa jono.."kalau menurut pa jono,bagaimana..?? pa jono menjawab..",kalau menurut saya,itu kan anak kadal,yang mau makan ibu nya kadal..ya..bagaimana kadal saja..(sambil tertawa) Aku melanjutkan pertanyaan..kepada pa dili.."kalau menurut pa dili,bagaimana..?? pa dili menjawab..",kalau menurut saya..kadal ini kan ajaib..ekor cabang dan beranak..dan sekarang,ibu nya mau memakan anak nya..jadi biarkan saja..siapa tahu ada keajaiban lain..kita cari keajaiban lain... aku menarik nafas..sebenarnya dalam hati..aku ingin memisahkan kadal itu..agar tidak memakan anaknya..tapi karena aku kalah suara..aku hanya diam..dan menyepakatinya.. Satu persatu kami menyaksikan..induk kadal memakan anak nya..dan aku tidak bisa berbuat apa-apa.. sesekali pa ujang dan pa jono berkata sambil tertawa.."ayo kadal ..keluarkan keajaiban mu..mustika mu.. Dan setelah jam 11 malam..induk kadal sudah memakan 4 anak nya..sementara ada satu ke anehan..setelah tersisa satu anak nya itu,. kadal induk itu..seperti tidak berani ..untuk memakan anak nya itu..dia mencoba mendekatinya berkali-kali..tapi dia selalu mundur kembali..seperti ketakutan..kejadian itu terus berulang..dan anak kadal yg tersisa satu itu..tidak kunjung di makan juga..padahal waktu sudah menunjukan jam satu malam.. dan kami pun sepakat..untuk membubarkan diri..dan menunggu kejadian esok hari saja.. Besok nya pagi-pagi..aku melihat kadal itu..dan ternyata..anaknya sudah tidak ada.. dan tiba-tiba datang..seseorang..yang bernama pa muksin..katanya dia berani membeli anak kadal yang ditakuti oleh ibu nya..mungkin kalau dihitung uang sekarang ia berani membayar 5 juta..katanya jika di pakai diikat dipuser..dan puasa tiga hari tiga malam..konon bisa menghilang(waullahu a'lam) dan berdasarkan kesepakatan,kadal cabang itu..akan dijual ke teman pa dili.. tapi menurut cerita pa dili..temannya tidak mau beli..karena kadal itu mati dalam perjalanan kesana.. mendengar berita itu..pa yoyo sangat kecewa..dan diapun bertanya.."kalau memang kadal itu mati..? dimana bangkai nya..??? pa dili hanya menjawab..",hilang saat di jemur..! Pa yoyo tetap tidak percaya..??? pa dili agak sewot..??karena tidak di percaya..?? sampai disuatu waktu kami dapat burung disarangnya..kebetulan anaknya ada tiga..dan kami sepakat menitipkannya di pa yoyo..karena burungnya masih sangat kecil.. dan kabar kami dapat burung towed menyebar..ada yang mau membeli ..jika dihitung uang sekarang 250 ribu per ekor.. aku dan teman ku pa dili..sangat senang..dan bersama pergi ke rumah pa yoyo.. tapi kami sangat kecewa..menurut pa yoyo..anak burung itu..di kerubut semut..dan mati..?? pa di sambil cemberut kecewa,nyeletuk.."kalau memang mati..mana mayatnya..??kalau memang sudah di kubur dimana makam nya..??(mungkin karena kesal masalah kadal dulu..) pa yoyo hanya diam..merasa bersalah..?? Aku berusaha memberi pengertian.. begitulah pa yoyo..apa yang terjadi dulu ke pa dili..sekarang menimpa pa yoyo..jadi pa yoyo harus percaya atas kejadian tentang kadal itu.. akhirnya kami tertawa,dan bersalaman.. itulah pengalamanku,.semoga manfaat..

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel